5 kota dengan biaya hidup termahal di dunia - SERBA 5

Kumpulan Lima Hal Yang Perlu Kamu Ketahui

Terhangat

Post Top Ad

Post Top Ad

16/10/16

5 kota dengan biaya hidup termahal di dunia

Bagi anda yang berencana untuk jalan-jalan di luar negeri, informasi tentang biaya hidup di negara ataupun kota tujuan anda merupakan salah hal yang perlu diperhatikan, maka berikut kami sajikan informasi yang kami rangkum dari berbagai sumber seputar 5 kota di dunia dengan biaya hidup paling mahal, Let's check it out!

1. Singapura.

Survey yang diadakan oleh Economist Intelligence Unit pada tahun 2015 lalu telah menempatkan Singapur sebagai kota termahal di dunia. Sebagai kota perdagangan yang terletak di jalur lalu lintas perdagangan selat Malaka, Singapore yang merupakan sebuah kota sekaligus negara, sangat sibuk dengan dunia bisnisnya. Hal ini tak pelak lagi telah menjadikan Singapur sebagai kota dengan biaya hidup yang mahal akibat meningkatnya standar hidup masyarakatnya yang notabenenya adalah businessman. Salah satu fakta mengejutkan adalah biaya transportasi di Singapur ternyata hampir 3 kali lipat dari New York. Untungnya harga sayur dan buah-buahan ternyata lebih murah jika dibandingkan beberapa kota-kota mahal Asia seperti Hongkong dan Tokyo.

2. Zurich, Swiss.

Kota dengan penduduk sebanyak 1 juta jiwa ini sudah berkali-kali masuk dalam peringkat 10 besar kota termahal di dunia. Untuk membayangkan mahalnya biaya hidup di sini, perlu diketahui bahwa harga makanan satu porsi di restoran sederhana adalah sekitar 25 USD. Bandingkan dengan harga satu porsi nasi plus ayam plus minumnya di Jogjakarta yang hanya 5.000 - 7.000 rupiah saja :)

3. Tokyo, Jepang.

Ibu kota negeri sakura ini juga merupakan salah satu kota dengan biaya hidup paling mahal di dunia. Bayangkan saja, Info yang kami dapatkan dari website Expatistan menyebutkan bahwa harga sewa rumah ukuran 85 m2 adalah 352.000 Yen atau sekitar 3.300 USD per bulan.

4. New York, USA.

Sebagai pusat bisnis dunia, kota New York bisa dikatakan adalah pusat perkumpulan businessman dan orang-orang kaya dari seluruh dunia, hal ini secara otomatis telah menaikkan standar hidup sebagian besar masyarakatnya yang juga mengakibatkan naiknya permintaan pasar dan harga barang. Sebagai bayangan, biaya menyewa apartemen dengan dua kamar di wilayah Manhattan, New York adalah sekitar 3800 USD. Itu baru biaya menyewa tempat tinggal, belum termasuk biaya hidup lainnya. Bisa dibayangkan kan mahalnya biaya hidup di sana :)

5. Hongkong.

Pusat keuangan dunia ketiga terpenting setelah New York dan London ini juga tiap tahun selalu masuk dalam list kota-kota dengan biaya hidup termahal di dunia. Walaupun Hongkong memiliki pendapatan perkapita yang tinggi namun biaya hidup yang mahal serta ketimpangan sosial yang sangat parah telah menurunkan kemakmuran rakyatnya. Pendapatan per kapita Hong Kong pada tahun 2015 adalah $56.428.

Demikianlah sedikit ulasan kami tentang beberapa kota dengan biaya hidup yang mahal yang kami dapatkan dari berbagai sumber dan lembaga survey, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan anda sebelum pergi melancong ke luar negeri.

Post Top Ad